Solusi Jalur Indralaya-Lagi-lagi Palembang
–Indralaya yang termasuk jalan lintas timur ini macet,bayangkan saja perjalanan
palembang –indralaya yang butuh waktu normal 40 menit tapi kenyataannya
sekarang sampai 10 jam.banyak sekali akibat macet jalan
palembang-indralaya,diantaranya para mahasiswa dam dosen Unsri yang Kampusnya
di indralaya kadang-kadang membatalkan Kuliah karena tidak memungkinkan untuk
ikut kuliah.
Selama
ini penyebab kemacetan
karena makin banyak volume kendaraan yang melewati jalur
palembang-indralaya.hal ini saja dapat dibandingkan ketika awal Unsri mau
pindah kampus pada tahun 1993.pada waktu itu dengan dipimpin langsung oleh
rektor Unsri Amran Halim saya beberpa kali ikut jalan sehat dari Unsri Bukit ke
Unsri Indralaya.Betapa masih sepinya jalan Palembang-Indralaya.
Seiring
dengan peningkatan volume kendaraan dan ditambah lagi dengan produksi Batu bara
pada tahun ini juga.oleh karena itu volume kendaraan pun sepertinya tidak
mencakupi dalam jalur kendaraan.
Kencangnya
peningkatan jumlah kendaraan ini juga memengaruhi orang-orang mau membawa
kendaraan sendiri.akibtnya macet bertambah parah dan memprihatinkan.
Seiring
dengan makin bertambahnya kendaraan yang menggunakan jalur indralaya-palembang
sayangnya tidak dibarengi dengan peningkatan pembangunan infrastruktur
jalan.Kondisi jalan yang hanya dua jalur,ditambah lagi kerusakan jalan yang
tidak sebanding dengan volume kendaraan.jalan nasional yang merupakan tanggung
jawab pemerintah pusat seakan-akan tidak memperdulikan kondisi jalan itu.selain
itu tidak ada upaya konkret dari pemerintah pusat untuk mengembangkan jalan tol
atau melebarkan jalan menjadi enam jalur.Cebderung lambat dalam menentukan sikap
tidak bisa responsive terhadap realitas sehari-hari,oleh karena itu sangatlah
tidak wajar jika antara pertumbuhan orang tidak dibarengi dengan Kualitas SDM.
Untungnya
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memiliki gagasan cemerlang dalam memetahkan
kondisi saat ini.komitmen untuk membangun double
track jalur kereta api adalah salah satu jalan untuk mengatasi kemacetan di
indralaya.
Dalam
hal ini perlu mendorong pemerintah agar proses pelebaran jalan
indralaya-palembang dipercepat,karena tidak ada pilihan saat ini dengan
menggunakan jalur kenadaraan bus.oleh karena itu memberdayakan bus Transmusi
sangat memungkinkan untuk mengatasi problem angkutan ini.selain itu jalur
kereta api palembang-indralaya seharusnya dibangun terminal yang
refresentatif.selama ini penyebab kecendrungan orang keberatan akses ke
Kertapati,Stasiun KA.pada kenyataan sekarang masih menggunkan jalan itu.maka
perlu dilakukan kontrol dari Dishub dan kepolisian.terminal karya jaya agar
difungsikan untuk mengatur jadwal perjalanan angkutan truk.
Referensi : infosumsel
0 comments:
Post a Comment