Saturday, April 27, 2013

Solusi Jalur Indralaya



Solusi Jalur Indralaya-Lagi-lagi  Palembang –Indralaya yang termasuk jalan lintas timur ini macet,bayangkan saja perjalanan palembang –indralaya yang butuh waktu normal 40 menit tapi kenyataannya sekarang sampai 10 jam.banyak sekali akibat macet jalan palembang-indralaya,diantaranya para mahasiswa dam dosen Unsri yang Kampusnya di indralaya kadang-kadang membatalkan Kuliah karena tidak memungkinkan untuk ikut kuliah.
         Selama ini penyebab kemacetan
karena makin banyak volume kendaraan yang melewati jalur palembang-indralaya.hal ini saja dapat dibandingkan ketika awal Unsri mau pindah kampus pada tahun 1993.pada waktu itu dengan dipimpin langsung oleh rektor Unsri Amran Halim saya beberpa kali ikut jalan sehat dari Unsri Bukit ke Unsri Indralaya.Betapa masih sepinya jalan Palembang-Indralaya.
     Seiring dengan peningkatan volume kendaraan dan ditambah lagi dengan produksi Batu bara pada tahun ini juga.oleh karena itu volume kendaraan pun sepertinya tidak mencakupi dalam jalur kendaraan.

        Kencangnya peningkatan jumlah kendaraan ini juga memengaruhi orang-orang mau membawa kendaraan sendiri.akibtnya macet bertambah parah dan memprihatinkan.
    Seiring dengan makin bertambahnya kendaraan yang menggunakan jalur indralaya-palembang sayangnya tidak dibarengi dengan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan.Kondisi jalan yang hanya dua jalur,ditambah lagi kerusakan jalan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan.jalan nasional yang merupakan tanggung jawab pemerintah pusat seakan-akan tidak memperdulikan kondisi jalan itu.selain itu tidak ada upaya konkret dari pemerintah pusat untuk mengembangkan jalan tol atau melebarkan jalan menjadi enam jalur.Cebderung lambat dalam menentukan sikap tidak bisa responsive terhadap realitas sehari-hari,oleh karena itu sangatlah tidak wajar jika antara pertumbuhan orang tidak dibarengi dengan Kualitas SDM.
             Untungnya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memiliki gagasan cemerlang dalam memetahkan kondisi saat ini.komitmen untuk membangun double track jalur kereta api adalah salah satu jalan untuk mengatasi kemacetan di indralaya.
         Dalam hal ini perlu mendorong pemerintah agar proses pelebaran jalan indralaya-palembang dipercepat,karena tidak ada pilihan saat ini dengan menggunakan jalur kenadaraan bus.oleh karena itu memberdayakan bus Transmusi sangat memungkinkan untuk mengatasi problem angkutan ini.selain itu jalur kereta api palembang-indralaya seharusnya dibangun terminal yang refresentatif.selama ini penyebab kecendrungan orang keberatan akses ke Kertapati,Stasiun KA.pada kenyataan sekarang masih menggunkan jalan itu.maka perlu dilakukan kontrol dari Dishub dan kepolisian.terminal karya jaya agar difungsikan untuk mengatur jadwal perjalanan angkutan truk.


Referensi : infosumsel

0 comments:

Post a Comment